Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Selamat Datang di Website Kopi Lereng Menoreh (Kopi Lemon) Produk Kopi Natural dan Healthy
Beranda » Artikel Terbaru » Dosen TP Universitas Widya Mataram Angkat Daya Saing Kopi Menoreh

Dosen TP Universitas Widya Mataram Angkat Daya Saing Kopi Menoreh

Diposting pada 18 July 2019 oleh KopiLemond | Dilihat: 79 kali

 

Pemasaran kerap kali menjadi kendala bagi petani kopi di kawasan Lereng Menoreh, Samigaluh, Kulon Progo, dalam menjual produk olahan pertanian mereka. Namun kini, masalah tersebut bisa teratasi. Tidak lagi hanya mengandalkan penjualan secara tradisional atau offline, olahan kopi petani di Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh, kini dipasarkan secara online. Demikian disampaikan Dosen Prodi Teknologi Pertanian (TP) Univeristas Widya Mataram (UWM) Masrukan, STP., M.Sc Senin (15/7/2019).

“Melalui website kopilemon.com, petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Industri Kopimoka Menoreh bisa mempromosikan sekaligus menjual olahan kopi mereka secara online.” Terang Masrukan yang sudah membantu sistem pemasaran olahan kopi Lereng Menoreh secara online.

Menurutnya, Kopilemon sendiri merupakan akronim dari Kopi Lereng Menoreh. Para petani bisa promosi sekaligus menjual olahan kopi melalui website ini. Harapannya, kopi di sini semakin memiliki daya saing dan bisa menembus pasar internasional. Produksi maupun olahan kopi di Madigondo ini memiliki potensi tinggi.

Di samping melakuan terobosan dalam bidang pemasaran, Masrukan juga memberikan penyuluhan terkait cara produksi olahan kopi bubuk yang baik dan benar serta mendorong para petani memanfaatkan kulit kopi sebagai teh cascara. Selama ini, kulit kopi hanya dimanfaatkan petani sebagai pupuk maupun pakan ternak. Padahal, dengan sedikit proses sederhana, kulit kopi bisa dijadikan teh cascara yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Masrukan mengatakan bahwa dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai Kemenristekdikti ini juga menghadirkan narasumber lainnya yakni Fahmi Rafika Perdana, S.Sos., MA Dosen Prodi Sosiologi UWM dan Ahmad Safarudin ahli penyulingan. Kedua narasumber mendorong kelompok petani kopi setempat menjadi masyarakat berdaya dan memaparkan tentang prospek bisnis penyulingan sejumlah produk pertanian. Program ini juga memberikan fasilitas mesin pengemas continues band sealer dan drum roasting bagi kelompok Tani Kopi Menoreh.

Sementara itu, penggiat Kelompok Tani Industri Kopimoka Menoreh, Marwiyah, mengaku apa yang dilakukan oleh Dosen TP tersebut sangat bermanfaat bagi pengembangan kopi lereng Menoreh.

“Terimakasih, sosialisasi dan bantuan ini sangat bermanfaat bagi para petani kopi,” pungkas Marwiyah.

Bagikan informasi tentang Dosen TP Universitas Widya Mataram Angkat Daya Saing Kopi Menoreh kepada teman atau kerabat Anda.

Dosen TP Universitas Widya Mataram Angkat Daya Saing Kopi Menoreh | Kopi Lemon

Belum ada komentar untuk Dosen TP Universitas Widya Mataram Angkat Daya Saing Kopi Menoreh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Video 1

Video 2

Video III